Syarat dan Ketentuan

Syarat & Ketentuan Layanan INTRASA MIDMAN

 
Terakhir diperbarui: [3 September 2025]

 
Dokumen ini merupakan perjanjian hukum yang mengikat antara Pengguna (baik sebagai Pembeli maupun Penjual) dengan INTRASA MIDMAN selaku Penyedia Layanan Fasilitasi Transaksi Jual Beli Online. Dengan mengakses dan menggunakan layanan INTRASA MIDMAN, Pengguna dianggap telah membaca, memahami, dan menyetujui seluruh Syarat & Ketentuan berikut:

---

1. Definisi

a. INTRASA MIDMAN adalah Penyedia Layanan Fasilitasi Transaksi Jual Beli Online yang bertindak sebagai perantara jual beli online antara penjual dan pembeli..
b. Pengguna adalah setiap individu atau badan usaha yang menggunakan layanan INTRASA MIDMAN, baik sebagai Penjual maupun Pembeli.
c. Penjual adalah pihak yang menawarkan barang/jasa kepada Pembeli melalui perantaraan  INTRASA MIDMAN.
d. Pembeli adalah pihak yang membeli barang/jasa dari Penjual melalui perantaraan INTRASA MIDMAN.
e. Transaksi adalah kegiatan jual beli barang/jasa antara Penjual dan Pembeli dengan menggunakan layanan INTRASA MIDMAN.
f. Dana adalah sejumlah uang yang dititipkan oleh pembeli melalui perusahaan yang menyediakan kanal pembayaran /payment gateway resmi yang  bekerjasama dengan INTRASA MIDMAN untuk menjamin keamanan transaksi hingga proses jual beli dinyatakan selesai.

---

2. Ruang Lingkup Layanan

a. INTRASA MIDMAN hanya bertindak sebagai perantara jual beli online, bukan sebagai Penjual maupun Pembeli.
b. INTRASA MIDMAN tidak menjamin kualitas, kuantitas, kondisi, maupun keaslian barang/jasa yang diperjualbelikan.
c. INTRASA MIDMAN berhak menolak atau membatalkan transaksi yang dianggap mencurigakan, berpotensi merugikan salah satu pihak, atau melanggar hukum yang berlaku.

---

3. Proses Transaksi

a. Pembeli melakukan pembayaran melalui metode yang tersedia sesuai nilai transaksi.
b. Setelah konfirmasi pembayaran diterima, Penjual wajib mengirimkan barang/jasa sesuai kesepakatan.
c. Pembeli berkewajiban memberikan konfirmasi penerimaan barang/jasa dalam jangka waktu maksimal [x hari kerja] setelah barang diterima.
d. Setelah konfirmasi dilakukan, sistem akan meneruskan dana ke rekening penjual dikurangi biaya layanan.
e. Apabila pembeli tidak memberikan konfirmasi hingga batas waktu yang ditentukan, maka dana dapat diteruskan ke penjual setelah dilakukan verifikasi lebih lanjut.

---

4. Biaya Layanan

a. Setiap transaksi dikenakan biaya layanan sesuai yang tercantum pada laman website.
b. Biaya layanan dapat dibebankan kepada Pembeli, Penjual, atau dibagi sesuai kesepakatan sebelum transaksi dilakukan.
c. Biaya layanan tidak dapat dikembalikan dalam keadaan apa pun, termasuk apabila transaksi dibatalkan.

---

5. Hak & Kewajiban Pengguna

Kewajiban Pengguna:
a. Memberikan data dan informasi yang benar, valid, dan dapat dipertanggungjawabkan.
b. Tidak menggunakan layanan untuk transaksi barang/jasa yang dilarang oleh hukum (misalnya: narkoba, senjata, produk bajakan, pornografi, perjudian, dll.).
c. Memastikan kesepakatan harga, kondisi, dan spesifikasi barang/jasa sebelum menggunakan layanan transaksi INTRASA MIDMAN.

Hak Pengguna:
a. Mendapatkan keamanan dana selama proses transaksi berlangsung.
b. Mendapatkan bukti transaksi/ pemberitahuan resmi dari INTRASA MIDMAN.
c. Mengajukan komplain atau sengketa apabila terjadi permasalahan dalam transaksi.

---

6. Pembatasan Tanggung Jawab INTRASA MIDMAN

a. INTRASA MIDMAN tidak bertanggung jawab atas kerugian yang timbul dari:
    - Barang/jasa yang tidak sesuai kesepakatan.
    - Penipuan yang dilakukan oleh salah satu pihak.
    - Kesalahan transfer akibat data yang salah dari Pengguna.
b. Tanggung jawab INTRASA MIDMAN terbatas hanya pada dana yang dititipkan.
c. INTRASA MIDMAN bukan pihak dalam perjanjian jual beli, sehingga segala risiko di luar proses pembayaran sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penjual dan Pembeli.

---

7. Penyelesaian Sengketa

a. Apabila terjadi perselisihan, Penjual dan Pembeli wajib terlebih dahulu menyelesaikan melalui musyawarah.
b. INTRASA MIDMAN dapat bertindak sebagai mediator terbatas berdasarkan bukti yang diberikan oleh kedua belah pihak.
c. Apabila tidak tercapai kesepakatan, dana akan ditahan hingga terdapat bukti yang sah atau putusan hukum yang mengikat.

Kebijakan Penyelesaian Sengketa : https://intrasa.co.id/app/info/kebijakan-penyelesaian-sengketa

---

8. Perubahan Syarat & Ketentuan

Kami dapat memperbarui Syarat & Ketentuan kami dari waktu ke waktu. Kami akan memberi tahu Anda tentang perubahan apapun dengan mengeposkan Syarat & Ketentuan baru di halaman ini.
Kami akan memberi tahu Anda melalui email dan/atau pemberitahuan yang menonjol pada Layanan Kami, sebelum perubahan berlaku dan memperbarui tanggal "Terakhir diperbarui" di bagian atas Syarat & Ketentuan ini.
Anda disarankan untuk meninjau Syarat & Ketentuan ini secara berkala untuk mengetahui perubahan apa pun. Perubahan pada Syarat & Ketentuan ini berlaku efektif setelah dipublikasikan di halaman ini. 
---

9. Hukum yang Berlaku

Syarat & Ketentuan ini tunduk pada hukum yang berlaku di Republik Indonesia. Segala sengketa yang timbul dari penggunaan layanan ini akan diselesaikan sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku di Indonesia.

---

10. Disclaimer (Penafian)

a. INTRASA MIDMAN bukan bank, lembaga keuangan, atau penyedia layanan keuangan resmi yang berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun Bank Indonesia.
b. Layanan Fasilitasi Transaksi Jual Beli Online yang disediakan INTRASA MIDMAN hanya berfungsi sebagai layanan perantara pembayaran untuk meningkatkan keamanan transaksi antara Penjual dan Pembeli.
c. INTRASA MIDMAN tidak menjamin keberhasilan transaksi, kualitas barang/jasa, maupun itikad baik dari masing-masing pihak yang bertransaksi.
d. Segala bentuk risiko kerugian akibat penipuan, barang cacat, atau transaksi ilegal berada di luar tanggung jawab INTRASA MIDMAN.
e. Dengan menggunakan layanan INTRASA MIDMAN, Pengguna dianggap telah memahami dan menerima seluruh risiko yang mungkin timbul dari transaksi, serta membebaskan INTRASA MIDMAN dari segala tuntutan hukum di kemudian hari.

---

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang Syarat & Ketentuan ini, anda dapat menghubungi kami:

📧 Email: contact@intrasa.co.id
atau, dengan mengunjungi halaman ini di website kami : https://intrasa.co.id/app/info/hubungi-kami